Thursday, 17 May 2012

Jerawat

pencenk-estry.blogspot.com
Salam hangat para netter semuanya.. lama tak bloging dikarenakan masih sok sibuk..
untuk kali ini saya akan share sedikit info tentang jerawat... langsung saja ke TKP...

JerawatJerawat pada wajah disebabkan oleh ulah bakteri Propionibacteri acnes yang mengubah lemak sebum dari bentuk cair menjadi lebih padat, sehingga mudah menyumbat pori-pori kulit.



Ada empat faktor penyebab timbulnya jerawat, yaitu sebagai berikut
  1. Adanya sumbatan di pori-pori kulit oleh Sebum yang berubah menjadi padat.
  2. Peningkatan produksi sebum akibat pengaruh hormonal, kondisi fisik, dan psikologis. jika disertai sumbatan di muara kelenjar sebasea, aliran keluar sebum akan terbendung.
  3. Peningkatan populasi dan aktivitas Propionibacteri acnes karena bakteri ini terdapat di bawah muara kelenjar sebasea dan suka makan lemak sebum.
  4. Reaksi radang akibat serbuan sel darah putih ke sekitar kelenjar sebasea yang sudah mengalami bendungan dan akhimya pecah. Isi lemak sebum tumpah-ruah ke dalam jaringan kulit jangat atau dermis, dan dianggap benda asing sehingga memancing serbuan sel darah putih ke tempat tersebut.

Sebum dan keringat bermanfaat dalam membentuk dan mempertahankan tingkat keasaman (pH) kulit, yakni sekitar 4 - 5, sehingga kuman akan sulit untuk berkembang biak. Namun, jika komposisi ”sebum" dan keringat berubah, yang mengakibatkan ikatan jenuh dalam rantai kimianya menjadi lebih banyak, sebum akan cenderung memadat dan akan menyumbat pori-pori kulit wajah. Kosmetika yang terlalu tebal dan lengket juga membantu timbulnya pemadatan sebum yang lazim dikenal sebagai ”komedo".


Jenis Jerawat dan Proses Timbulnya
 
a. Komedo

Stres fisik dan psikis bisa meningkatkan produksi sebum, yang berakibat bisa meningkatkan populasi bakteri P. acnes. Selain itu, bisa juga meningkatkan hidrolisis asam lemak menjadi asam lemak jenuh. Aliran sebum akan terhambat akibat adanya sumbatan pada pori-pori kulit. Diet tinggi lemak juga mempengaruhi terbentuknya sebum yang lebih kental, sehingga mudah menjadi padat di permukaan pori-pori kulit.

b. Jerawat Radang
jerawat radang terjadi akibat kantung folikel yang ada di dalam dermis menggembung karena berisi lemak padat, kemudian pecah, menyebabkan serbuan sel darah putih ke sekitar folikel sebasea, sehingga terjadilah reaksi radang. Peradangan akan semakin parah jika kuman dari luar ikut masuk ke dalam jerawat akibat perlakuan yang salah, seperti dipijat dengan kuku atau benda lain yang tidak steril. jerawat radang mempunyai ciri berwarna merah, cepat membesar, berisi nanah, dan terasa nyeri.

c. jerawat Konglobatajerawat konglobata adalah jerawat berupa bisul-bisul besar yang bergerombol menjadi satu (konglomerasi) membentuk danau nanah yang menimbulkan reaksi demam setempat.  jenis jerawat ini disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah, seperti kebiasaan memijat jerawat dengan kuku jari tangan yang kotor atau dengan peralatan yang tidak steril, yang bisa menimbulkan perluasan infeksi bakteri. Ierawat jenis ini, setelah sembuh, bisa meninggalkan bekas berupa jaringan parut yang buruk rupa, kulit bergelombang, dan mengeras.

d. jerawat  dada dan Punggung
jerawat bisa timbul di dada dan punggung karena pengaruh sebagai berikut.
  1. Hormon testosteron darah terlalu tinggi, ditandai dengan lengan dan tungkai berbulu.  
  2. Mendapat pengobatan hormon testosteron dalam upaya menggemukkan badan dan meningkatkan potensi seksualitas.
  3. Memakai krim anti-alergi yang mengandung steroidpoten secara berlebihan dan terus-menerus dalam waktu yang lama dan luas.
Kesimpulan ;
Mengapa sebum berubah menjadi padat? Penyebab utamanya antara lain diet tinggi lemak dan aktivitas bakteri P. Acnes yang mengubah asam lemak tak jenuh menjadi asam lemak jenuh. Populasi bakteri P. Acnes yang menghuni saluran keluar kelenjar sebasea akan bertambah banyak jika produksi sebum bertambah, karena bakteri ini merupakan pemakan lemak.Cuaca panas dan keadaan stres fisik atau psikis bisa meningkatkan produksi sebum. Kelelahan dan gangguan emosi bisa menyebabkan kulit wajah lebih berminyak. Bendungan kelenjar sebasea akan mengakibatkan pecahnya saluran, sehingga memancing serbuan sel darah putih ke tempat kelenjar sebasea tersebut. Jerawat radang yang disertai pembengkakan dan terlihat memerah merupakan tanda kelenjar sebasea sudah bocor dan dindingnya hancur. Timbunan nanah akan didapati pada rongga bekas kelenjar sebasea tersebut.


untuk selanjutnya tunggu saja... salam...


sumber.; cara tuntas membasmi jerawat ; dr. maria dwikarya. dskk.  

2 comments: