iklan utama

info terbaru

Sunday, 4 December 2011

Macam - Macam Zat Kimia Yang Terkandung Dalam Rokok

pencenk-estry.blogspot.com
Merokok itulah yang sering kita lihat setiap hari bahkan di indonesia orang pembuat rokok menjadi kaya raya. Dari anak - anak sampai manula sudah buanyak yang mengkonsumsinya  Rokok ternyata mengandung beribu - ribu bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita. Untuk itu disetiap bungkus rokok bertuliskan larangan merokok namun orang - orang masih saja mengkonsumsinya entah karena sudah kecanduan atau karena sudah kebiasaan setiap hari. Untuk itu mantri pencenk akan membahasnya sedikit masalah macam - macam  zat kimia yang terkandung dalam rokok. Pembahasan  ini hanya sebagian saja yang lainya masih banyak..
Langsung Saja Ke TKP.....

Macam - Macam Zat Kimia Yang Terkandung Dalam Rokok

1.    Acrolein
Acrolein merupakan zat cair yang tidak berwarna, seperti aldehide. zat ini diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkanya. Zat ini sedikit banyaknya mengandung alkohol. Dengan kata lain, acrolein itu adalah alkohol yang cairanya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.
2.    Karbon Monoksida
Karbon monoksida merupakan sejenis gas yang tidak memiliki bau. Unsur ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Zat ini sangat beracun. Oksigen dan karbonmonoksida dapat dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot seluruh tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa  empat molekul oksigen. Kalau hemoglobin itudibebani oleh karbon monoksida, maka akan berkuranglah oksigen yang dibawa oleh hemoglobin kedalam tubuh. Maka akibatnya seseorang akan kekurangan oksigen. Oleh karena banyak ATP yang yang dibutuhkan untuk otak dari fungsi otot, racun karbon monoksida akan membuat orang cepat capek dan grogi.
3.    Nikotin
Nikotin merupakan cairan bermiyak yang tidak berwarna dan dapat menimbulkan raa perih yang sangat. Nikotin juga dapat menghalangi kontraksi rasa lapar. Itu sebabnya seseorang akan tidak merasa lapar kalau merokok. Itulah sebabnya kalau orang berhenti merokok maka akan menjadi gemuk karena dia merasa lapar dan mau makan terus. Nikotin juga Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan.
4.    Amonia
Amonia merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari gas nitrogen dan hidrogen. Zat ini sangat tajam baunya dan sangat merangsang. Amonia ini sangat gampang memasuki sel tubuh. Begitu kerasnya racun dalam amonia itu, sehingga kalau disuntikan sedikitpun ke peredara darah akan mengakibatkanseserang pingsan atau koma.
5.    Formid acid
Formid acid merupakan cairan tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya. Zat ini dapat membuat seseorang seperti digigit semut. Bertambahya jenis acid apapun ke dalam darah akan menambah cepatnya pernafasan seseorang.
6.    Hydrogen cyanide
Hydrogen cyanide adalah sejenis gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Zat ini merupakan yang paling ringan dan mudah terbakar. Dapat membahayakan seperti yang terdapat di dalam bom hydrogen. Zat ini sangat efisien untuk menghalangi pernafasan. Cyanide adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedikit saja cyanide dimasukan langsung kedalam tubuh dapat mengakibatkan kematian.
7.    Nitrous oxide
Nitrous oxide merupakan sejenis gas yang tidak berwarna dan bila dihisap seseorang akan kehilangan pertimbangan dan menyebabkan rasa sakit. Zat ini pada mulanya digunakan untuk zat pembius (anastesia) waktu diadakan operasi.
8.    Formaldehide
Formaldehide merupakan sejenis gas yang tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini tergolong pengawet dan pembasmi hama. Salah satu jenis dari formaldehide adalah formalin. Zat ini banyak digunakan sebagai pengawet di laboratorium. Ini desebabkan fomaldehide itu sangat beracun keras terhadap semua organisme-organisme hidup.
9.    Phenol
Phenol adalah campuran yang terdiri dari banyak kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organik seperti kayu dan arang. Bahan ini adalah merupakan zat racun yang sangat membahayakan. Phenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktifitas enzim.
10.     Acetol
Acetol merupakan hasil dari pemanasan aldehide dan mudah menguap dengan alkohol.
11.     Hidrogen sulfide
Hidrogen sulfide merupakan gas beracun yang gampang terbakar dan dengan bau yang kera. Zat ini menghalangi oksidasi enxime (zat besi yang berisi pigmen).
12.     Pyridine
Pyridine merupakan cairan yang tidak berwarna dengan bau yang tajam. Diperoleh dari penyulingan minyak tulang-tulang, ter, arang, serta dari pembusukan sejenis alkoloid tertentu (sejenis alkalin dari tumbuh-tumbuhan). Pyridine ini juga terdapat dalam tembakau. Zat ini dapat mengubah sifat alkohol sebagai pelarut, pembunuh hama, yang juga pernah digunakan untuk obat penyakit asma.
13.     Methyl Cloride
Methyl cloride adalah suatu campuran dari zat-zat bervalensa satu. Hidrogen dan karbon  merupakan unsur yang utama. Gas hidrogen mudah terbakar. Zat ini adalah compound organis yang sangat beracun. Uapnya dapat berperan sbagai anastesia.
14.     Methanol
Methanol merupakan sejenis cairan ringan yang gampang menguap, dan mudah terbakar. Cairan ini diperolah dari penyulingan bahan kayu atau dari sintesis karbon monoksida dan hidrogen. Meminum atau menghisap methanol dapat mengakibatkan kebutaan bahkan kematian.
15.     Tar
Tar merupakan sejenis cairan kental berwarna coklat tua atauhitam yang diperolah dari dislatasi kayu atau arang. Tar juga terdapat dalam getah tembakau. Tar terdapat dalam rokok yang terdiri dari ratusan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker pada hewan. Jika zat-zat itu dihisap waktu merokok akan mengakibatkan kanker paru. 
 Itu tadi sedikit penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua suwun...........
sumber : Nainggolan.R.A, 2004

1 comment:

Anda Pengunjung Yang Ke


tweet

alexa