Tuesday 15 November 2011

ASMA

selamat pagi siang, dst... Banyak orang mengira kalau asma itu bisa menular, apakah ini benar..??? dengan membaca sedikit ocehan dari saya ini mungkin anda bisa menjawabnya sendiri. untuk itu mantri pencenk akan membahas masalah asma yang tentunya dengan bahasa kita sendiri..
Langsung Saja Ke TKP...
Asma adalah suatu gangguan yang komplek dari bronkial yang dikarakteristikan oleh periode bronkospasme (kontraksi spasme yang lama pada jalan nafas). (Polaski : 1996).
Asma adalah gangguan pada jalan nafas bronkial yang dikateristikan dengan bronkospasme yang reversibel. (Joyce M. Black : 1996).
Asma adalah penyakit jalan nafas obstruktif intermiten, reversibel dimana trakea dan bronkhi berespon secara hiperaktif terhadap stimulasi tertentu. (Smelzer Suzanne : 2001).
Dari ketiga pendapat tersebut dapat diketahui bahwa asma adalah suatu penyakit gangguan jalan nafas obstruktif intermiten yang bersifat reversibel, ditandai dengan adanya periode bronkospasme, peningkatan respon trakea dan bronkus terhadap berbagai rangsangan yang menyebabkan penyempitan jalan nafas.
Penyebab.
1) Kontraksi otot di sekitar bronkus (jalan nafas) sehingga terjadi penyempitan jalan nafas.
2) Pembengkakan membran bronkus.
3) Terisinya bronkus oleh mukus (dalam bahasa jawanya riak/dahak) yang kental.
4) Adanya orang terdekat / keluarga yang terserang asma.

Macam - Macam Asma
Asma dibagi atas dua kategori, yaitu ekstrinsik (faktor luar) atau alergi yang disebabkan oleh alergi seperti debu, binatang, makanan, asap (rokok) dan obat-obatan. Klien dengan asma alergi biasanya mempunyai riwayat keluarga dengan alergi dan riwayat alergi rhinitis, sedangkan non alergi tidak berhubungan secara spesifik dengan alergen.
Faktor-faktor seperti udara dingin, infeksi saluran pernafasan, latihan fisik, emosi dan lingkungan dengan polusi dapat menyebabkan atau sebagai pencetus terjadinya serangan asma. Jika serangan non alergi asma menjadi lebih berat dan sering dapat menjadi bronkhitis kronik dan emfisema, selain alergi juga dapat terjadi asma campuran yaitu alergi dan non alergi.

Cara Mencegah Asma
kalau asma tersebut sudah ada karena keturunan atau karena ada keluarga terdekat yang terserang asma maka jalan satu - satunya adalah dengan menjauhi alergen (sesuatu yang membuat kambuhnya asma). apabila kambuh angkat kepala penderita sekitar 5 - 10 cm dari tanah tujuanya untuk meluruskan jalan nafas agar tidak tersumbat..kalau parah lagsung saja bawa ke dokter.

itu tadi penjelasanya bila ada pertanyaan langsung di coment...
sumber ; seingat saya saja..
7PX42W5YNHXQ

No comments:

Post a Comment