Sunday 13 November 2011

Glaukoma Sudut Tertutup



 
 Selamat pagi siang dst... pada posting kali ini akan membahas masalah Glaukoma yang Sudut Tertutup tentunya secara singkat saja langsung saja ke TKP....

A. PENGERTIAN
Glaukoma adalah suatu penyakit yang memberikan gambaran klinik berupa peninggian tekanan bola mata, penggaungan papil saraf optik dengan defek lapang pandangan mata.
(Sidarta Ilyas, 2000)

 B. FAKTOR RESIKO
Faktor resiko terjadinya glaukoma, antara lain:
a.       Faktor genetik, riwayat glaukoma dalam keluarga.
b.       Penyakit hipertensi
c.        Penyakit diabetes dan penyakit sistemik lainnya.
d.       Kelainan refraksi berupa miopi dan hipermetropi
e.        Ras tertentu

C. KLASIFIKASI GLAUKOMA
Terdapat 4 jenis glaukoma:
  1. Glaukoma Sudut Terbuka
  2. Glaukoma Sudut Tertutup
  3.  Glaukoma Kongenitalis
  4.  Glaukoma Sekunder.
D. GLAUKOMA SUDUT TERTUTUP
1. PENGERTIAN
Disebut sudut tertutup karena ruang anterior secara anatomis menyempit sehingga iris terdorong ke depan, menempel ke jaringan trabekular dan menghambat humor aqueous mengalir ke saluran schlemm. Pergerakan iris ke depan dapat karena peningkatan tekanan vitreus, penambahan cairan di ruang posterior atau lensa yang mengeras karena usia tua.
2. PENYEBAB
Glaukoma sudut tertutup terjadi jika saluran tempat mengalirnya humor aqueus terhalang oleh iris. hal yang menyebabkan pelebaran pupil (misalnya cahaya redup, tetes mata pelebar pupil yang digunakan untuk pemeriksaan mata atau obat tertentu) bisa menyebabkan penyumbatan aliran cairan karena terhalang oleh iris.

3. TANDA DAN GEJALA
a. Fase Prodorma.
Pada stadium ini terdapat pengelihatan kabur, melihat halo (gambaran pelangi) sekitar lampu atau lilin, disertai sakit kepala, sakit pada matanya dan kelemahan akomodasi. Keadaan ini berlangsung selama setengah sampai satu jam.
b. Fase glaukoma akut
Pada stadium ini penderita tampak sangat payah, sakit kepala, nyeri hebat di dalam mata, muntah-muntah, nausea, tampak warna pelangi di sekitar lampu dan  ketajaman pengelihatan turun.
 
4. PENATALAKSANAAN
1.          Minum larutan gliserin dan air bisa mengurangi tekanan dan menghentikan serangan glaukoma. Bisa juga diberikan inhibitor karbonik anhidrase (misalnya acetazolamide).
2.          Tetes mata pilocarpine menyebabkan pupil mengecil.
3.          Pada kasus yang berat, untuk mengurangi tekanan biasanya diberikan manitol intravena (melalui pembuluh darah).
4.          Terapi laser untuk membuat lubang pada iris akan membantu mencegah serangan berikutnya dan seringkali bisa menyembuhkan penyakit secara permanen.
5.          Dilakukan pembedahan untuk membuat lubang pada iris.

5. PENCEGAHAN
Orang-orang yang memiliki resiko menderita glaukoma sudut tertutup sebaiknya menjalani pemeriksaan mata yang rutin dan jika resikonya tinggi sebaiknya menjalani iridotomi untuk mencegah serangan akut.

kalau ada pertanyaan langsung saja coment dibawah....
sumbernya lupa.. yang jelas ini waktu saya praktek di malang...
7PX42W5YNHXQ

No comments:

Post a Comment