Wednesday 9 April 2014

Tips Masalah Obat - obatan

Salam Sejahtera..
Tulisan ini akan membahas sedikt masalah tentang yang namaya obat yang mungkin para agans - agans semua sudah sangat paham dan mengerti. Disini hanya opini penulis saja kalau ada yang mau menambahkan silahkan saja di kolom komentar. uyeeee

Sering kali saya mendapati seorang pasien yang sangat ngeyel dan pinternya kebablasan contohnya saja dia datang mau minta dumin untuk penurun panas tapi setelah saya kasih Paracetamol 500 mg dia gak mau katanya itu hanya paracetamol tidak akan menurunkan demam dan ujung - ujungnya ya seperti itulah yang waras ngalah. Dan dibawah ini ada beberapa poin tentang obat yang menurut saya agak penting, langsung saja cekibrot.
  1. Jangan pernah melihat obat dari merknya tapi lihatlah isinya, karena diindonesia sendiri sudah ada puluhan pabrik obat tentunya anda akan kesulitan dalam menghafal merk belum lagi obat dari luar negeri. contohnya saja asam mafenamat dari merk mefinal dan lain sebagainya, ada lagi Ibuprofen dari merk Farsifen dan obat lain - lainya. kalau bahan obat tersebut tidak jelas maka jangan diminum.
  2. Pakai saja obat generik yang lebih murah dan menurut saya khasiatnya sama saja dengan obat pantent/non generik, yang penting teratur minumnya dan anda percaya pada petugas medisnya.
  3. Baca cara pemberianya / cara pemakaian ada beberapa kode di label cara mengkonsumsi obat tersebut tapi kalau dipasaran rata - rata diminum dan oles saja.
  4. Cek tanggal kadaluwarsanya.
  5. Jangan pernah menyisakan Antibiotik yang diberikan oleh petugas medis atau penyakit anda akan semakin kebal dengan antibiotik tersebut, dan bila anda sakit lagi akan susah diobati. ( harus dengan antibiotik yang lebih tinggi).
  6. Jangan menggunakan obat tetes mata bergantian
    karena dapat menularkan penyakitnya.
  7. Jangan pernah mengkonsumsi obat yang sudah lama (bekas penyakit yang lalu)  yang tidak disimpan dengan baik.
  8. Kurangi penggunaan obat - obatan kortikosteroid, biasanya kebanyakan orang medis menyebutnya obat dewa karena obat ini sangat manjur tapi hati - hati karena dalam waktu jangka panjang menimbulkan efek samping yang cukup serius seperti moonface, hiperglikemia, hipertensi, dan lain-lain. obat ini amat sangat sering digunakan oleh ahli - ahli medis yaang gila akan keuntungan berharap pasien cepat sembuh dan menjadi langganan karena obatnya manjur tanpa memikirkan efek jangka panjang pada pasien, contah obatnya adalah ; dexamethason, methilprednisolon, prednison dll.
  9. Makanlah sebelum / sesudah minum obat karena obat itu rata - rata dapat mengiritasi lambung.
  10. Lihatlah efek samping obat karena sebagian obat dapat menimbulkan mual ngantuk maupun mulut kering jadi anda dapat mengantisipasinya.
  11. Lihat dosis, ini perlu kita lihat supaya kita tidak over dosis.
  12. Jangan berharap obat yang anda minum akan segera memberikan efek, karena perlu diketahui untuk obat yang cara pemberaianya melalui oral/mulut (diminum) masih membutuhkan waktu untuk absorsi atau penyerapan yang kira - kira membutuhkan waktu lebih dari 15 menit.
  13. Bagi orang - orang yang alergi obat tertentu maka catatlah obat tersebut dan jangan sampai lupa memberi tahu petugas medis/dokter bila anda berobat.
  14. Cek harganya biasanya harga obat tercantum di bungkus obat bila harnganya telalu mahal jangan segan untuk tanya. (bukan mahal obatnya tapi ilmunya itu jawaban yang pasti anda terima heeeee).


Itu sedikit opini saya tentang obat kalau ada yang mau menambahkan silahkan di kolom coment...

terima kasih uyeeeeeeee

No comments:

Post a Comment