Saturday 19 May 2012

Seputar Payudara Wanita

salam.. setelah saya melihat data statistik blog, ternyata banyak sekali yang menuliskan di search engine google tentang payudara, banyak yang negatif tapi banyak juga yang positif. Contohnya saja toket atau apalah pokoknya yang berhubungan dengan onderdil wanita tersebut. Untuk itu saat ini saya juga mau belajar tentang bagian - bagian dari payudara wanita jadi jangan hanya melihat tapi palng tidak saya tambah pengetahuan.. lebih jelasnya langsung saja ke TKP...

Payudara wanita, disebut juga glandula mammaria, adalah alat reproduksi tambahan.


Letak
Setiap payudara terletak pada setiap sisi sternum ( tulang di tengah dada) dan meluas setinggi antara costa (tulang rusuk) kedua dan keenam. Payudara terletak pada fascia superfacialis dinding rongga dada di atas musculus pectoralis major dan dibuat stabil oleh ligamentum suspensorium.

Bentuk
Masing-masing payudara berbentuk tonjolan setengah bola dan mempunyai ekor (cauda) dari jaringan yang meluas ke ketiak atau axilla (disebut cauda axillaris Spence).

Ukuran
Ukuran payudara berbeda untuk setiap individu, juga bergantung pada stadium perkembangan dan umur. Tidak jarang salah satu payudara ukurannya agak lebih besar daripada payudara yang lain.

Cauda axillaris
adalah jaringan payudara yang meluas ke arah axilla. (biasanya menonjol dari samping atau atas saat cewek pakek tangtop atau pakaian dengan dada rendah).

Areola (lingkaran hitam sekitar puting)
adalah daerah lingkaran yang terdiri dari kulit yang longgar dan mengalami pigmentasi dan masing-masing payudara bergaris lengah kira - kira 2,5 cm. Areola berwarna merah muda pada wanita yang berkulit cerah, lebih gelap pada wanita yang berkulit cokelat, dan wama tersebut menjadi lebih gelap pada waktu hamil. Di daerah areola ini terletak kira-kira 20 glandula sebacea (kelenjar sabasea). Pada kehamilan areola ini membesar dan disebut tuberculum Montgomery.

Papilla mammae (penthil)
terletak di pusat areola mammae setinggi iga (Costa) ke - 4. Papilla mammae merupakan suatu tonjolan dengan panjang kira-kira 6 mm, tersusun atas jaringan erektil berpigmen dan merupakan bangunan yang sangat peka. Permukaan papilia mammae berlubang-lubang berupa ostium papillare kecil-kecil yang merupakan muara ductus lactifer. Ductus lactifer ini dilapisi oleh epitel.

Struktur mikroskopis
Payudara terutama tersusun atas jaringan kelenjar tetapi juga mengandung sejumlahjaringan lemak dan ditutupi oleh kulit. Jaringan kelenjar ini dibagi menjadi kira-kira 18 lobus yang dipisahkan secara sempurna satu sama lain oleh lembaran-lembaran jaringan fibrosa. Struktur dalamnya dikatakan menyerupai segmen buah anggur atau jeruk yang dibelah. Setiap lobus merupakan satu unit fungsional yang berisi dan tersusun atas bangun.

Alveoli
yang mengandung sel-sel yang mensekresi air susu. Setiap alveolus dilapisi oleh sel-sel yang menyekresi air susu disebut acini, yang mengekstraksi faktor-faktor dari darah yang penting untuk pembentukan air susu . Di sekeliling setiap alveolus terdapat sel - sel mioepilel yang kadang - kadang disebut sel “keranjang” (basket cell) atau sel 'laba-laba'  (spider cell). Apabila sel-sel ini dirangsang oleh oksitosin akan berkontraksi sehingga mengalirkan air susu ke dalam ductus lactifer.

Tubulus lactifer
saluran kecil yang berhubungan dengan alveoli.

Ductus lactifer
adalah saluran sentral yang merupakan muara beberapa tubulus lactifer. Lanjutan ductus lactifer meluas dari ampula sampai muara papilla mammae

Ampula
adalah bagian dari ductus lactifer yang melebar, yang merupakan tempat menyimpan air susu. Ampulla terletak di bawah areola.

Vaskularisasi
Suplai darah (vaskularisasi) ke payudara berasal dari arteria mammaria interna, arteria mammaria externa, dan arteria - arteria intercostalis superior. Drainase vena melalui pembuluh-pembuluh yang sesuai, dan akan masuk ke dalam vena mammaria interna dan vena axillaris.

Drainase limfatik
Drainase limfatik terutama ke dalam kelenjar axillaris. dan sebagian akan dialirkan ke dalam fissura portae hepar dan kelenjar mediastinum. Pembuluh limfatik dari masing-masing payudara berhubungan satu sama lain.

Persarafan
Fungsi payudara terutama dikendalikan oleh aktivitas hormon, tetapi kulitnya dipersarafi oleh cabang-cabang nervus thoracalis. Juga terdapat sejumlah saraf simpatis, terutama di sekitar areola dan papilla mammae.

itu tadi sedikit info dari saya.. suwun...

 sumber ; anatomi dan fisiologi terapan dalam kebidanan.sylvia verralls.

3 comments:

  1. Penjelasan yang sedemikian lengkapnya, terima kasih telah sudi untuk berbagi

    ReplyDelete
  2. sumbernya sayang kurang jelas, nama penulis, tahun terbit, dan halamannya. kalau bisa diperlengakp sumbernya.

    ReplyDelete
  3. gan, mo nanya nih, apakah normal jika wanita paudaranya besar sebelah?
    gak begitu ekstrim sih gedenya, cuman ya agak kelihatan kalo di lihat,
    terimakasih

    ReplyDelete