Sunday 15 January 2012

Sifilis

Selam sejahtera..SIFILIS. inilah salah satu penyakit kelamin yang sedang ngetren saat ini, Banyak yang panik dalam menghadapi penyakit ini, mungkin karena tidak tahu atau mungkin terlalu ketahuan jadinya sok tahu..hehhehe (sekedar bercanda). Penyakit ini sering disebut orang - orang adalah penyakit raja singa. dan seperti apa gambaran penyakit ini.?? untuk itu mantri pencenk akan membahasnya sedikit.
Langsung Saja Ke TKP..

Sifilis dikenal juga dengan sebutan ”raja singa”. Penyakit ini sangat berbahaya. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual atau penggunaan barang-barang dari seseorang yang tertular (seperti baju, handuk, dan jarum suntik). Penyebab timbulnya penyakit ini adalah adanya kuman Treponema pallidum. Kuman ini menyerang organorgan penting tubuh lainnya, seperti selaput lendir, anus, bibir, lidah, dan mulut.

Penularan dan gejala yang terlihat terbagi dalam 3 tingkatan, dan dalam setiap tingkatan berbeda-beda.

A. Tingkat I 
  1. Penularannya sudah terdeteksi sekitar 10-90 hari setelah melakukan hubungan seksual.
  2. Gejala yang terlihat adalah adanya luka kecil bemanah disertai rasa sakit yang amat sangat, selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar getah bening yang mengeras di sekitar luka, seperti di lipatan paha.
Pengobatan yang diberikan dokter pada tingkat I ini adalah dengan menggunakan antibiotik berdosis tinggi. Jika tidak dilakukan pengobatan, penyakit ini akan masuk ke tingkat 2.

B. Tingkat 2
  1. Terjadi sekitar 40 hari setelah masuk pada tingkat I. 
  2. Gejala yang terlihat adalah adanya luka-luka kecil berwama merah di sekitar permukaan kulit, dari kulit kepala hingga telapak tangan dan kaki. Luka-luka ini timbul karena kuman telah menyebar melalui peredaran darah.  
  3. Gejala lainnya adalah keluhan sakit tenggorokan, pusing, lesu, nyeri otot, terjadi kerontokan rambut, dan kulit kepala terasa gatal.
Pada tingkat 2, penyakit ini sangat mudah menular dan berbahaya karena kuman-kuman sudah menjalar dan menyebar ke seluruh tubuh. Iika tidak berusaha untuk mengobatinya, dalam waktu 3-4 minggu luka-luka tersebut akan hilang dengan sendirinya, tetapi beberapa tahun kemudian akan memasuki tahap 3. jika pengobatannya dilakukan secara teratur dan tepat, penyembuhannya dapat mencapai hasil yang maksimal.

Tingkat 3
  1. Terjadi setelah 10-15 tahun kemudian. 
  2. Gejalanya antara lain ditemukannya benjolan pada bagian tubuh yang terserang, pada akhirnya benjolan tersebut melunak dan pecah sehingga mengeluarkan cairan. Bagian tubuh yang terserang akan mengalami kerusakan. ]ika kuman mulai menyerang otak, orang yang terserang akan mengalami gangguan kejiwaan atau gila. jika yang diserang bagian sumsum tulang belakang atau hati, niscaya orang tersebut akan mengalami kelumpuhan, kemunduran kerja jantung, dan kerusakan jaringan susunan saraf, serta masih  banyak lagi kerusakan-kerusakan lainnya. Begitu seterusnya, karena kuman-kuman tadi dapat menyerang bagian tubuh mana pun tanpa memandang siapa orangnya. Risiko yang paling fatal adalah penyakit ini dapat mengakibatkan kematian. 
  3. Perempuan yang hamil bisa saja terserang penyakit ini, sehingga bayi yang akan lahir mengalami kelumpuhan fisik dan mental, itu pun jika mereka dapat bertahan hidup. Biasanya, bayi-bayi ini akan meninggal dalam kandungan jika kuman menyerang uterus. Kalaupun bisa lahir, bayi-bayi ini akan meninggal 1 minggu setelah kelahirannya. Sayangnya, obat untuk menyelamatkan para bayi yang terserang penyakit ini sampai sekarang belum ada.
Penatalaksanaan.
  1. jika gejala terdapat kurang darl 1 tahun, suntikkan dosis tunggal benzathin penicillin 2,4 juta unit masing-masing setengah dosis pada kedua paha pasien. Pada pasien yang alergi terhadap penicillin berikan 500 mg kapsul tetracyclin, 4 kali sehari selama 15 hari. 
  2. Jika gelaia sudah ada lebih dari 1 tahun, beri benzathin penicillin 2.4 juta unit tiap minggu sekali selama tiga minggu,  total 7,2 juta unit. Pada pasien yang alergi terhadap penicillin dapat diganti dengan 500 mg kapsul tetracyclin 4 kali sehari selama 30 hari. 
  3. Untuk wanita hamil atau menyusui yang tidak tahan penicillin tetracyclin diganti dengan erythromycin dengan dosis yang sama. 
  4. Jika seseorang mungkin menderita syphilis. ia harus segera menemui petugas kesehatan. Diperlukan pemeriksaan darah khusus. Jika pemeriksaan tersebut tidak dapat dilaksanakan, maka orang tersebut harus diobati sebagai penderita syphilis.  
  5. Setiap orang yang berhubungan kelamin dengan orang yang diketahui menderita syphiiis harus pula diobati. terutama para suami atau isteri dari orang yang diketahui kena infeksi syphilis.
Tanda Gejala Yang Sering Timbul
  1. Tanda yang pertama biasanya luka atau borok. yang disebut chancre. Chancre ini timbul 2 sampai 5 minggu setelah hubungan kelamin dengan seorang penderita syphilis. Luka chancre tersebut terlihat seperti jerawat, Iepuh-atau borok yang terbuka. Biasanya chancre terdapat pada daerah kelamin laki-laki atau wanita (atau lebih jarang lagi pada bibir, jari tangan, dubur atau mulut). Borok ini penuh dengan kuman. yang mudah ditularkan kepada orang Iain. Borok tersebut biasanya tidak sakit, dan jika terdapat di dalam vagina, mungkin si wanita tidak menyadari bahwa ia menderita syphilis, tetapi ia dapat manularkannya kepada orang lain dengan mudah. 
  2. Luka chancre hanya berlangsung beberapa hari dan kemudian hilang sendinya tanpa pengobatan namun, penyakitnya terus menyebar di seluruh tubuh. 
  3. Beberapa minggu atau bulan kemudian, dapat terjadi sakit leher. panas ringan, luka-luka pada mulut atau pengbengkakan sendi-sendi.  Atau salah satu di antara tanda-tanda tersebut di bawah ini dapat muncul pada kulit. 
  4. Semua tanda ini biasanya dapat hilang dengan sendirinya, dan penderitanya mengira ia telah sembu, tetapi penyakit tersebut terus berjalan. Tanpa pengobatan yang tepat, syphilis dapat menyerang setiap bagian tubuh, yang menyebabkan penyakit jantung, kelumpuhan, penyakit jiwa dan banyak gangguan lain.
Itu tadi sedikit info dari saya dan cara pencegahanya adalah pola hidup bersih, tidak berganti – ganti pasangan saat sex dan jangan sering meminjam barang – barang yang dapat menjadi mediator kuman.. semoga bermanfaat suwun.......... 

Sumber ; 
Pendidikan Seks Untuk Remaja, Ajen Dianawati, 2003
Apa yang Anda Kerjakan Jika Tidak Ada Dokter. David Werner, Carol Thuman dan    Jane Maxwell, 2010
Gambar ; Klikunik.com

4 comments:

  1. wahhh, sangat bermanfaat sekali postingannya!!
    jadi tau sma penyakit ini!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sob.. jangan lupa berkunjung lagi...

      Delete
  2. gw ada luka di itu gw gan tapi gk skait belom berhubungan gw dll
    bisa kena kgk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum berhubungan pun sesorang bisa terkena sifilis karena penularanya tidak hanya kontak langsung..sobat baca saja di Tanda Gejala Yang Sering Timbul diatas... kalau lebih jelasnya langsung konsul saja ke ahlinya yaitu dokter.... ingat sob senjata lu cuma satu jadi rawat baik2... salam...

      Delete