Saturday 10 December 2011

Sunat, Khitan, Sirkumsisi Pada Wanita

Selamat pagi, siang, dst.. sesuai dengan posting yang lalau yaitu sunat pada laki-laki sekarang akan membahas tentang sunat, khitan, sirkumsisi pada wanita. Memang jarak posting yang telalu lama untuk yang satu ini soalnya sulitnya mencari sumber yang jelas serta jarang yang membahas. Tapi alhamdulilah dengan sedikit - demi sedikit diriku mampu mengumpulkan info walaupun kurang lengkap..
Langsung Saja Ke TKP...


Pengertian.
Sunat, Khitan, Sirkumsisi pada wanita di dalam dunia medis disebut dengan clitoridectomi atau operasi pengangkatan clitoris, eksisi clitoris pada wanita (female circumcision). ada pula yang menyebutnya clitoridotomi atau insisi pada clitoris, sirkumsisi pada wanita.

Jenis Sirkumsisi Pada Wanita.
Pharaonic  yaitu  jenis sirkumsisi pada wanita yang terdiri dari dua cara.
  1. cara radikal bila klitoris, labia minor, labia mayor diangkat, dan jaringan tersisa diperkirakan, dan bentuk yang telah dimodifikasi, tempat kulup dan glans klitoris serta daerah berbatasan dengan labia minor, diangkat.
  2. bentuk sirkumsisi pada wanita bila kulup klitoris diangkat.
Dan ada pula yang menyebutkan dengan amputasi total atau parsial klitoris. jumlah jaringan klitoris dan labia yang diambil bervariasi, biasanya menggunakan silet, gunting, pisau, atau batu yang sudah diasah. Pada beberapa kasus, 2/3 labia mayora bagian atas juga diangkat sehingga hanya menyisakan sebuah lubang di uretra dan vagina. Bentuk sirkumsisi pada wanita yang paling luas, yang juga disebut sirkumsisi infibulasi atau faraonik, dilakukan dengan mengangkat klitoris dan labia minora plus melakukan insisi pada labia miyora untuk membentuk permukaan yang tidak rata. yang kemudian disatukan atau dijahit. Sebuah lubang kecil dibuat sehingga urine dan darah menstruasi dapat melaluinya (Gambar 4). Infibulasi dapat dipotong saat pertama kali melakukan hubungan seksual.

Kesimpulanya ada 3 jenis sirkumsisi pada wanita
  1. Sirkumsisi (sunat oleh orang islam) ; lipatan labia minora yang disebut prepusium dipotong. Cara ini merupakan cara yang menimbulkan trauma paling kecil dari ketiga jenis sirkumsisi tersebut, dan merupakan satu-satunya cara yang dapat benar-benar disebut sirkumsisi. Sayang jenis ini merupakan yang paling jarang dikerjakan
  2. Eksisi (Gambar 2,) : Sebagian atau seluruh labia minora dieksisi bersama dengan klitoris.
  3. Infibulasi (Gambar 3)  ; Klitoris,  labia minora. dan paling tidak dua pertiga bagian depan labia majora dieksisi. Dinding lateral vulva kemudian dipertemukan dan dijahit bersama (dengan menggunakan duri pada masyarakat primitif) dengan hanya meninggalkan lubang kecil untuk keluarnya urine dan darah menstruasi. Lubang tersebut diperlebar menjelang perkawinan.
Tujuan Sirkumsisi pada wanita
  1. Menurut agama tujuan khitan pada wanita adalah memperkecil shahwat akan tetapi agama tidak menyarankan untuk memotong semua melainkan sebagian saja. Dan pada wanita adalah sunah hukumnya.
  2. Menurut adat mengisyaratkan bahwa gadis tersebut sudah waktunya menikah atau sudah dewasa. Pada saat hubungan seksual dan persalinan dapat berlangsung tanpa hambatan.
  3. Menurut kesehatan tidak ada pengaruhnya bahkan badan kesehatan dunia WHO dan bekerja sama dengan UNICEF menentang sirkumsisi pada wanita.
Komplikasi
Komplikasi yang paling sering terjadi ialah terbentuknya kista dermoid di tepi jaringan parut akibat tertanamnya sel epitel dan kelenjar sebasea di area jahitan. Temuan kista dermoid, yang berukuran sama kecil dengan sebuah kacang polong atau sebesar bola kaki, dilaporkan. Terbentuknya keloid merupakan gambaran komplikasi perubahan bmtuk lain yang, bersama kista dermoid, menimbulkan rasa cemas yang sangat, rasa malu, dan takut pada wanita yang berpikir bahwa genitalianya kembali tumbuh menjadi bentuk seperti monster atau bahwa mereka terkena kanker. Neuroma jahitan yang nyeri dapat timbul akibat ujung saraf terjebak dalam jaringan parut. Kondisi ini dapat mengakibatkan dispareunia, yang dapat menghambat hubungan seksuai. Munculnya kembali abses jahitan dan robekan jaringan parut yang sulit sembuh, khususnya di daerah arteri klitoris, dapat mengganggu wanita tersebut selama bertahun-tahun .
Alat-alat yang tidak steril dan kemungkinan robeknya orifisium vagina saat melakukan hubungan seksual meningkatkan risiko penularan HIV. Dampak psikologis dan dampak Seksual sirkumsisi pada wanita belum diteliti.

Sirkumsisi Wanita Menurut WHO
Badan Kesehatan Dunia WHO ( World Health Organization), bersama dengan UNICEF. telah meyakinkan pemerintah bahwa organisasi tersebut akan membantu usaha nasional untuk menentang sirkumsisi wanita. dan memberikan perhatian khusus untuk pelatihan personil pengunjung kesehatan. terutama dukun bayi. WHO telah secara konsisten dan terus-menerus memberikan nasehat bahwa sirkumsisi wanita tidak boleh dilakukan oleh profesi kesehatan pada tingkat apapun, termasuk di rumah sakit atau sarana kesehatan yang lain.
Pada Inter-African Committe Regional Conference pada tahun 1991 direkomendasikan bahwa istilah “sirkumsisi wanita' dan `eksisi' diganti dengan ‘female genital mutilation' (mutilasi kelamin wanita).

Gambaranya adalah sebagai berikut..  

gambar 1 (Clitoridektomi)

gambar 2 (area yang darsir struktur yang dieksisi)

gambar 3 ( infibulasi, dua pertiga dari bagian labia mayora atas juga dieksisi)

gambar 4


Bagaimana para wanita pilih yang mana..????? bila gambar terlalu vulgar saya minta maaf (biar lebih jelas) Itu tadi sedikit info dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua... suwun..

Sumber :
Anatomi dan fisiologi terapan dalam kebidanan, edisi 3, Sylvia verrals, 2003.
Panduan Bersuci, Bersuci yang benar menurut Al-qur'an dan as-sunnah, Dr Sa'id bin Ali bin Wahaf Al-Qahthani, 2006.
Buku saku perawatan pranatal dan pascapartum, linda wheeler, 2004.
Kamus Istilah Kebidanan, Siti maimunah, Amd.Keb, S.pd, 2005




1 comment:


  1. Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

    Rumah Sakit Sunat Khitan Jakarta

    Biaya Sunat laser Dewasa


    Biaya Sunat Dewasa

    ReplyDelete