Wednesday, 7 December 2011

Sunat, Khitan, Sirkumsisi Pada Laki - Laki

pencenk-estry.blogspot.com
Selamat Pagi, Siang, dst....sunat, khitan, sirkumsisi merupakan tiga kata yang sama artinya. Sunat sering disebut oleh orang - orang suku tertentu, khitan biasanya disebut oleh agama, dan sirkumsisi menurut medis. Khitan memang sudah tidak asing lagi bagi kita semua khusunya laki - laki ada pula suku - suku tertentu yang wanitanya juga dikhitan, akan tetapi untuk kali ini akan membahas yang laki - laki untuk wanitanya masih cari sumber yang jelas. Khitan sebenarnya merupakan sesuatu yang penting bagi laki gunanya selain mengukuti perintah agama juga banyak hal - hal positif lainya yang merupakan keuntungan dari khitan. 
Langsung saja ke TKP......



 Pengertian..

sirkumsisi adalah pembuangan kulup penis.(Costance Sinclair) Khitan berasal dari bahasa Arab “alkhitan” dari kata kerja “khatana” yang berarti memotong. Maksud memotong adalah memotong sebagian kulit yang menutup kepala penis (khasyafah). Khitan (sunat) adalah suatu tindakan operasi mengangkat kulit ujung penis pada laki-laki.(dr. faisal yatim.) 

Keuntungan Khitan.
  1. Menurunkan frekuensi infeksi saluran kemih (lSK dari risiko 1:100 pada laki-laki yang tidak disirkumsisi hingga 1:l000 pada iaki-iaki yang disirkumsisi.
  2. Mencegah kanker penis.” Risiko kanker penis meningkat tiga kali lipat pada laki-laki yang tidak disirkumsisi, tetapi penyakit tersebut sangat jarang (9-10 kasus per l juta pria) sehingga risiko mutlaknya masih sangat rendah.
  3. Mencegah fimosis (ketidakmampuan meretraksi kulup) clan parafimosis (ketidakmampuan mengembalikan kulup yang retraksi ke glans).( dalam bahasa kerenya bungkus).
  4. Menghindari sirkumsisi pada usia lebih dewasa. Pada usia ini, prosedur sirkumsisi lebih mahal clan menimbulkan morbiditas lebih tinggi. Kurang dari 25% sirkumsisi pada usia lebih dewasa dilakukan karena alasan medis. Namun, sejumlah besar sirkumsisi pada bayi perlu direvisi pada usia selanjutnya.” Penyuluhan tentang menghindari retraksi  kulup prematur dapat mencegah beberapa sirkumsisi dengan indikasi medis.
Keuntungan Khitan Yang Lainya
  1. Meningkatkan derajat kesehatan.
  2. Meningkatkan gairah kerja.
  3. Memperpanjang usia.
  4. Mengurangi kecemasan dan stres
  5. Mengurangi waktu dan biaya dokter.
  6. Mengurangi resiko terserang HIV.
Fungsi Anastesi Pereda Nyeri (Dalam Bahasa Kerennya Dibius).

Riset terbaru menunjukkan bahwa bayi baru lahir yang disirkumsisi tanpa analgesia mengalami nyeri dan stres. Pilihan analgesik meliputi krim EMLA (campuran anastesi lokal dalam bentuk salep), suntikan blok bagian dorsal penis dengan lidokain 1% (tanpa epinefrin). Suatu blok cincin subkutan (disuntikkan ke dalam bagian tengah penis) dan penggunaan kassa yang dicelup ke dalam anggur untuk diisap bayi (digunakan pada sirkumsisi ritual untuk mengurangi tangisan bayi). Dot  (empeng) mengurangi tangisan, tetapi bukan analgesia yang adekuat (ribet memang, kalo gak paham .... saya sendiri juga gak paham...heheheh).

Komplikasi Yang Ditimbulkan.
  1. Sepsis.
  2. Infeksi.
  3. Pembuangan kulup yang berlebih.
  4. Amputasi Glan distal.a
  5. Jaringan parut pada badan penis.
Angka komplikasi yang muncul 0,2  – 0,6%.
 
Kontra Indikasi ( Larangan Khitan ) 

Sirkumsisi atau Khitan  tidak boleh dilakukan pada bayi dengan kelainan pembekuan darah (hemofilia).

Itu tadi sedikit info dari saya kalau ada kesalahan penulisan diriku minta maap. semoga bermanfaat .... suwun.... 

SUMBER ; 
  1. Buku saku kebidanan, costance, sinclair, 2010.
  2. 30 gangguan kesehatan pada anak usia sekolah, dr. faisal yatim.DTM & H.

3 comments:

  1. Terima kasih gan udah mampir sama kasih komentarnya, mampir lagi ya

    ReplyDelete
  2. alhamdullilah saya sudah khitan ..... hehehehehehe ....

    ReplyDelete
  3. alan : selalu sob..
    muhammad ; jangan sampek 2x ya..hahahahah

    ReplyDelete