Monday, 21 November 2011

Keuntungan Pemberian Asi

Selamat pagi,siang..dst... Asi merupakan kebutuhan pokok bayi, entah itu ada susu formula yang harganya jutaan akan tetapi lebih baik ASI dan tidak ada duanya, bahkan pabrik susupun menganjurkan bayi untuk mengkonsumsi ASI. untuk itu pada kesempatan ini sambil melipur lara , mantri pencenk akan memberikan sedikit gambaran tentang Keuntungan Pemberian Asi..
Langsung Saja Ke TKP...

  Keuntungan Pemberian Asi : 
  1. Susu yang khusus diciptakan untuk bayi. ASI sedikitnya mengandung seratus bahan yang tidak terdapat dalam susu sapi dan tidak dapat dibuat di laboralorium. Terlebih lagi, tidak seperti susu formula, komposisi ASI selalu berubah untuk memenuhi kebutuhan bayi yang berubah-ubah: ada perbedaan antara
    kebutuhan pagi dan siang; antara bulan pertama dan bulan ketujuh; antara bayi yang prematur dan bayi yang cukup umur kehamilannya.
  2. Dapat dicerna dengan lebih baik. ASI dirancang untuk sistem pencernaan bayi manusia yang peka dan masih berkembang, dan bukan untuk bayi sapi. Proteinnya (sebagian besar adalah Iaktalbumin) dan lemaknya lebih mudah dicerna oleh bayi daripada protein (sebagian besar Caseinogen) dan lemak susu sapi. Karenanya: bayi yang menyusu ASI lebih jarang mengalami kolik, kembung, dan muntah yang berlebihan.
  3. Mengandung lebih sedikit sodium dan protein. Karena ASI mengandung lebih sedikit sodium dan protein daripada susu sapi, maka akan lebih sedikit beban kerja pada ginjal bayi yang masih muda. 
  4. Lebih banyak penyerapan kalsium. Lebih banyaknya penyerapan ini sebagian disebabkan oleh rendahnya kadar fosforus dalam ASI. Iika berlebihan, mineral ini dapat mengganggu penggunaan kalsium. 
  5. Resiko alergi yang lebih rendah. Para bayi hampir tidak pernah alergi terhadap ASI-nya. Meskipun bayi akan peka terhadap sesuatu yang dimakan oleh ibunya dan masuk ke dalam air susu (termasuk susu sapi), ia selalu dapat menerima ASI-nya sendiri dengan baik. Di sisi lain, lebih dari satu dari sepuluh bayi. menjadi alergi terhadap formula susu sapi setelah kontak pertama kali. (Masalah ini biasanya diatasi dengan penggantian dengan kedelai atau formula yang sudah dihidrolisasi - meskipun dibandingkan dengan susu sapi, formula seperti ini komposisinya berbeda lebih jauh lagi dari ASI) Namun demikian, susu kedelai tidak cukup bergizi dan tidak boleh digunakan untuk menyusui bayi.
  6. Tidak ada masalah sembelit atau diare. Karena ASI secara alami mempunyai efek Iaksatif, maka bayi yang minum ASI akan mudah buang air besar, dan tidak terjadi sembelit. Juga, meskipun mereka sering buang air besar, jarang terjadi diare. ASI tampaknya mengurangi risiko sakit perut dengan dua cara: pertama, dengan langsung menghancurkan mikroorganisme penyebab yang berbahaya; dan kedua, dengan menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang berbahaya karena mendukung pertumbuhan mikroorganisme yang menguntungkan. 
  7. Lebih sedikit risiko terjadinya gatal-gatal karena penggunaan popok. Tinja bayi yang minum ASI jarang mcnimbulkan gatal-gatal semacam ini, tetapi keuntungan ini (begitu pula aromanya yang tidak terlalu menusuk) akan menghilang setelah bayi diberi makanan padat. 
  8. Kesehatan yang lebih baik bagi bayi. Setiap kali bayi menghisap payudara ibunya, dari hisapan pertama sampai terakhir, mereka mendapatkan satu dosis antibodi untuk mendukung daya lahan mereka terhadap penyakit. Umumnya, mereka akan mengalami lebih sedikit batuk-pilek, infeksi telinga, dan penyakit lainnya daripada bayi yang minum Susu botol. dan biasanya akan sembuh lebih cepat dan lebih sedikit komplikasi yang terjadi. Juga mereka lebih jarang masuk rumah sakit. Dan sebuah kajian terbaru juga mengatakan adanya penurunan jumlah kanker pada bayi yang diberi ASI. 
  9. Jarang terjadi kegemukan. Seringkali. bayi yang mendapatkan ASI tidak segemuk teman seumurnya yang minum susu botol. Ini sebagian disebabkan karena pada menyusu ASI, nafsu makan bayilah yang mengatur jumlah susu yang diminum. Sedangkan pada pemberian susu botol. bayi kadang dipaksa untuk terus minum sampai botolnya kosong. Di samping itu, kalori ASI selalu terkendali. Susu yang terakhir dihisap dalam satu kali masa menyusui, mengandung Iebih tinggi kalori daripada susu yang dihisap pada saat awal, dan cenderung membuat bayi merasa kenyang  dan ini adalah tanda bagi bayi untuk berhenti menghisap. Tetapi, kita perlu sadar bahwa bayi yang terlalu sering diberi ASI, misalnya setiap kali ia marah, berat badannya dapat bertambah dengan terlalu cepat. 
  10. Lebih banyak mendapat kepuasan dari menghisap. Seorang bayi dapat terus menghisap payudara yang sudah kosong, tetapi tidak dapat menghisap botol yang sudah kosong, untuk mendapatkan kepuasan yang optimum. 
  11. Kemungkinan meningkatkan melabolisme kolesterol. Peneliliannya memang belum jelas, tetapi telah ada beberapa bukti bahwa bayi yang minum ASI mempunyai kadar kolesterol yang lebih rendah seperti orang dewasa, mungkin karena metabolismenya lebih baik. 
  12. Perkembangan mulut yang lebih baik. Puting ibu dan mulut bayi adalah pasangan yang sempurna (meskipun seringkali hal ini sepertinya tidak benar pada saat pertama kali seorang ibu dan bayinya mencoba menyusui). Bahkan dot pengganti puting yang paling ilmiah sekalipun lidak dapat memberikan latihan kepada rahang, gusi dan gigi bayi seperti yang mereka dapatkan dari puting ibunya - latihan yang menjamin terjadinya perkembangan mulut yang optimum. Dan karena pada menyusu ASI lidah tidak harus menjulur ke depan seperti jika menyusu pada botol, maka bayi yang menyusu ASI jarang mendapatkan masalah gigi berjejal dibandingkan rekannya yang minum Susu botoI. 
  13. Kemudahan. ASI selalu tersedia, siap dipakai, bersih, dan selalu berada dalam suhu yang lepat. la adalah makanan sempuma yang sangat mudah didapat. Tidak akan terjadi kehabisan persediaan. tidak harus pergi ke toko, tidak perlu botol untuk disterilkan atau diisi kembali, tidak ada kaleng yang harus dibuka. tidak perlu menghangatkan. Di mana pun anda berada - di jalan, di restoran, di pantai - semua kebutuhan pangan bayi anda akan selalu tersedia dan menunggunya. Bila ibu dan bayi harus berpisah. untuk satu malam atau bahkan selama akhir minggu, ASI dapat dikeluarkan terlebih dahulu dan disimpan di lemari es untuk kemudian diberikan melalui botol.
  14. Biayanya rendah. ASI tersedia dengan cuma-cuma, sementara susu botol bisa sangat mahal (dan sebagian tersia - siakan karena botol yang telah diminum setengahnya atau kaleng yang telah dibuka seringkali akhirnya harus dibuang). Meskipun memang ibu yang menyusui memerlukan sedikit lebih banyak makanan daripada ibu yang tidak menyusui. namun biayanya tidak akan terlalu tinggi. Bila dilihat dari segi kadar gizi, sebenarnya makanan yang diperlukan oleh ibu yang menyusui ini lebih murah. Satu paket susu rendah lemak harganya lebih murah daripada sebotol cola, semangkuk sereal gandum dan buah segar lebih murah daripada sepotong kue tart;,sari buah buatan sendiri yang tanpa pemanis lebih murah daripada sari buah yang dibeli di toko dan mengandung gula.
  15. Pemulihan yang lebih cepat bagi ibu. Menyusui adalah kegiatan yang baik bagi tubuh ibu. Niat untuk menyusui tidak perlu harus bebas dari kepentingan diri sendiri. Karena menyusui ASI adalah bagian dari siklus alami hamil,  melahirkan, dan menjadi ibu. Menyusui dirancang tidak hanya baik bagi bayi tapi juga bagi ibunya. Ia akan membantu rahim untuk mengkerut kembali ke ukuran sebelum hamil dengan lebih cepat (itulah sebabnya rasa kram yang ibu rasakan selama hari-hari pertama pasca lahir terasa meningkat ketika bayi menghisap payudara), yang dengan demikian akan mengurangi keluarnya lochia (pengeluaran pascalahir) dengan lebih cepat. Dan ia akan mempercepat hilangnya kelebihan berat tubuh akibat kehamilan. dengan membakar lebih dari 500 kalori ekstra seliap harinya. Anda mungkin ingat, bahwa sebagian dari kenaikan berat tubuh tersebut terdapat dalam bentuk lemak yang dicadangkan khususnya untuk membantu anda memproduksi susu; sekaranglah kesempatan anda untuk menggunakannya. (Tetapi berhati-hatilah untuk tidak membakar lemak anda terlalu cepat).
  16. Pencegah kehamilan. Seorang ibu yang menyusui tidak mengalami menstruasi untuk beberapa bulan setelah melahirkan. Pembentukan telur dan menstruasi tidak terjadi pada kebanyakan ibu yang menyusui sedikitnya sampai bayi mulai mendapatkan tambahan makanan yang cukup berarti (baik dalam bentuk susu formula atau makanan padat), dan seringkali sampai bayi disapih, dan kadang-kadang sampai beberapa bulan sesudahnya. (Yang. sayangnya, ini tidak berarti bahwa anda tidak dapat hamil lagi. Karena pembentukan telur atau ovulasi dapat diam-diam mendahui.
  17. Kemungkinan mengurangi risiko kanker payudara. Meskipun menyusui tampaknya tidak menjamin adanya perlindungan terhadap kanker payudara yang terjadi setelah menopause, namun terdapat beberapa buk├╝ yang menunjukkan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko kanker payudara di masa sebelumnya.
  18. Menciptakan waktu istirahat. Menyusui menjamin adanya waktu-waklu istirahat di hari~hari anda (kadang-kadang lebih sering daripada yang anda inginkan). Terlepas dari apakah anda merasa mempunyai waktu untuk beristirahat atau tidak. tubuh anda yang baru melahirkan membutuhkan waktu untuk istirahat, dan waktu-waktu ini dapat lerjadi karena 'paksaan' yang dilakukan oleh kegiatan menyusui.  
  19. Pemberian susu yang tidak terlalu repot di malam hari. Orangtua yang tidak mempunyai cukup waktu untuk bayi mereka yang lucu salama siang haripun tidak ingin menjumpai mereka pada jam 2 malam (atau di setiap waktu antara tengah malam dan sebelum matahari terbit). Tetapi, bangunnya bayi di tengah malam akan dapat lebih mudah diterima (bahkan dinikmati sebagai saat-saat keakraban yang khusus) bila ketenangan yang harus anda berikan pada bayi berada sangat dekat, yaitu sedekat payudara anda, dan tidak berada jauh di lemari es di dapur, harus dihangatkan dan dituangkan ke dalam botol. (Akan jauh lebih mudah bagi ibu, bila ayah mau memindahkan bayi dari tempat tidurnya ke dada ibu dan sebaliknya.)
  20. Relasi yang kuat antara ibu dengan bayi. Seperti semua ibu yang pernah menyusui akan mengatakannya pada anda. keuntungan dari menyusui yang paling berharga adalah ikatan yang terbentuk antara ibu dengan anak. Pada menyusui, terdapat kontak antar-kulit dan kontak mata, terdapat pula kesempatan untuk memeluk dan 'berbincang-bincang` dengan bayi anda. Memang benar bahwa anda bisa mendapatkan kenikmatan yaiig sama ketika memberikan susu botol, tetapi anda harus melakukan lebih banyak usaha dengan sadar. karena anda akan sering menghadapi godaan untuk menyerahkan pekerjaan ini kepada orang lain, misalnya ketika anda letih, atau menyodorkan botol begitu saja ketika anda sibuk.  

itu tadi sedikit info dari saya semoga bermanfaat suwuun............
sumber : bayi pada tahun pertama : apa yang anda hadapi dari bulan ke bulan ?, arlene eisenberg,Heidi E. murkoff, Sande E, Hathaway, B.S.N, 1997.

  

No comments:

Post a Comment