Thursday 17 November 2011

Fungsi Keluarga

7PX42W5YNHXQ
 Selamat Pagi, siang,dst....... Fungsi keluarga mungkin kedua kata inilah yang membuat anda bertanya - tanya sebenarnya untuk apa keluarga itu dan apakah keluarga saya sudah sesuai dengan benar.???? dari pada kita bingung - bingung langsung saja mantri pencenk akan membahasnya sedikit demi sedikit, untuk prakteknya silahkan anda sendiri yang melakukan..
Langsung saja ke TKP...





Ada beberpa fungsi yang dapat dijalankan keluarga sebagai berikut:
1. Fungsi Biologis 
a. Untuk meneruskan keturunan 
b. Memelihara dan membesarkan anak  
c. Memenuhi kebutuhan gizi keluarga  
d. Memelihara dan merawat anggota keluarga
 
2. Fungsi Psikologis
a. Memberikan kasih sayang dan rasa aman
b. Memberikan perhatian diantara anggota keluarga
c. Membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga 
d. Memberikan identitas keluarga

3. Fungsi Sosialisasi
a. Membina sosialisasi pada anak
b. Membentuk norlma-norma tingkah laku sesuai dengan tingkat perkembangan anak 
c. Meneruskan nilai-nilai budaya keluarga

4. Fungsi Ekonomi
a. Mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga
c. Pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebuluhan keluarga
c. Menabung untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga dimasa yang akan dalang misalnya pendidikan anak-anak. jaminan hari tua dan sebaginya.

5. Fungsi Pendidikan 
a. Menyekolahkan anak untuk memberikan pengetahuan. keterampilan dan membentuk perilaku anak sesuai dengan bakal dan minal yang dimilikinya. 
b. Mempersiapkan anak untuk kehidupan dewasa yang akan datang dalam memenuhi peranannya sebagai orang dewasa 
c. Mendidik anak sesuai dengan tingkat-tingkat perkembangannya.

 
Ahli lain membagi fungsi keluarga sebagai berikut;
  1. Fungsi pendidikan. Dalam hal ini tugas keluarga adalah mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak bila kelak dewasa nanti.
  2. Fungsi .sosialisasi anak. Tugas keluarga dalam menjalankan fungsi ini adalah bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.
  3. Fungsi perlindungan. Tugas keluarga dalam hal ini adalah lmrlindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidak baik, sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman
  4. Fungsi perasaan. Tugas keluarga dalam hal ini adalah menjaga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalain berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
  5. Fungsi religius. Tugas keluarga dalam fungsi ini adalah memperkenalkan dan mengajak anak dan angota keluarga yang lain dalam kehidupan beragama, dan tugas kepala keluarga untuk menanamkan keyakinan bahwa ada kekuatan lain yang mengatur kehidupan ini dan ada kehidupan lain Setelah di dunia ini.
  6. Fungsi ekonomis. Tugas kepala keluarga dalam hal ini adalah mencari sumber-sumber kehidupan dalam memenuhi fungsi-fungsi keluarga yang lain, kepala keluarga bekerja untuk memperoleh penghasilan, mengatur penghasilan tersebut sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga.
  7. Fungsi rekreatif Tugas keluarga dalam fungsi rekreasi ini tidak selalu harus pergi ke tempat rekreasi, tetapi yang penting bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga sehingga dapat mencapai keseimbangan kepribadian masing-masing anggotanya. Rekreasi dapat dilakukan di rumah dengan cara noton televisi bersama, bercerita tentang pengalaman masing-masing dan sebagainya.
  8. Fungsi biologis. Tugas keluarga yang utama dalam hal ini adalah untuk meneruskan keturunan sebagai generasi penerus.

Dari berbagai fungsi di atas ada 3 fungsi pokok keluarga terhadap anggota keluarganya adalah:
  1. Asih, adalah memberikan kasih sayang, perhatian, rasa aman, kehangatan kepada anggota keluarga sehingga memungkinkan mereka tumbuh dan berkembang sesuai usia dan kebutuhannya.
  2. Asuh, adalah memenuju kebutuhan pemeliharan dan perawatan anak agar kesehatannya selalu terpelihara, sehingga diharapkan menjadikan mereka anak-anak yang sehat baik mental, sosial dan spiritual.
  3. Asah, adalah memenuhi kebutuhan pendidikan anak, sehingga siap menjadi manusia dewasa yang mandiri dalam mempersiapkan masa depannya.
sumber ; Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat, edisi 2, Drs. Nasrul Effendi, hal 35 - 36.

 


2 comments:

  1. keren boss..artikel na, siip gw udach gabung ..salam kenal.. by reyyudha.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. okee boss......th follow bacnya...

    ReplyDelete