Friday, 21 October 2011

Bebas Osteoporosis dengan 4 Cara Ini

ANCAMAN osteoporosis memang selalu mengintai, khususnya pada wanita yang lebih rentan terserang penyakit ini. Agar Anda bebas dari ancaman tersebut, beberapa trik ini dapat dijalani.

Tulang memiliki peran penting bagi tubuh seseorang. Sebagai penyangga, tentu saja tulang harus selalu dijaga kesehatannya. Kalsium yang cukup dan asupan vitamin D yang otptimal menjadi kuncinya, agar Anda terbebas dari osteoporosis. Selebihnya lakukan beberapa langkah di bawah ini, seperti dirilis Healthmeup.


Lakukan latihan fisik sebagai tindakan preventif

Mengingat osteoporosis merupakan penyakit tulang degeneratif, terutama wanita yang mengalami menopause dan mengakibatkan kehilangan kepadatan tulang, maka menjalani latihan fisik menjadi solusi yang disarankan. Latihan ini dilakukan untuk merangsang sel-sel tulang dan membuat kepadatan tulang secara sempurna.

Latihan terbaik untuk menjaga kesehatan tulang adalah squats, menekuk lutut, dan pull dows. Aerobik dan lari pun menjadi olahraga yang direkomendasikan untuk mencegah osteoporosis.

Perbanyak kalsium dan asupan vitamin D

Para ahli merekomendasikan 1.000-1.300 miligram kalsium per hari. Kalsium ini dapat ditambahkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, sehingga membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium dan vitamin D yang memadai dapat merangsang kepadatan tulang.

Perbanyak sayuran hijau


Sayuran hijau kaya akan kalsium sehingga dapat menjadi menu utama harian Anda. Kedelai juga merupakan sumber yang kaya nutrisi, sehingga dapat mendukung kesehatan tulang.

Lakukan gaya hidup sehat

Mengingat ancaman yang menghantui, maka menerapkan gaya hidup sehat adalah salah satu alternatif yang patut ditempuh. Selain melakukan olahraga sebagai latihan fisik, Anda dapat mengasup makanan bergizi dan seimbang.
sumber ; http://lifestyle.okezone.com

No comments:

Post a Comment