Thursday, 20 October 2011

Waspada, Diet Sebelum Nikah Bikin Wanita Gemuk


TUNTUTAN untuk tampil menawan saat menikah membuat banyak wanita rela diet mati-matian agar bertubuh langsing di hari H. Menurut penelitian terbaru, langkah tersebut justru membuat wanita lebih gemuk setelah menikah.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Flinders, Australia dan dipublikasikan di jurnal Body Image. Dalam penelitian tersebut ditemukan, bahwa 85 persen wanita menurunkan berat badannya sebelum pernikahan dengan target 9 kilogram.


Peneliti memantau berat badan 350 calon pengantin wanita yang menjadi responden. Mereka diteliti sejak satu bulan sebelum hari pernikahan tiba, dan enam bulan setelahnya.

Setelah penelitian tersebut, hampir setengah dari responden sukses menurunkan berat badannya, setidaknya satu sampai dua kilogram. Dalam penelitian tersebut turut terungkap, wanita yang paling merasa tertekan tampil langsing, justru mengalami kenaikan berat badan paling banyak setelah menikah. Kenaikan berat badan yang dialami rata-rata 2,14 kilogram.

"Dari penelitian ini, saya melihat mereka yang membatasi makan dan berolahraga sebelum pernikahan, setelahnya merasa hal itu tidak lagi penting," kata pimpinan penelitian Dr Ivanka Prichard kepada Sdyney Morning Herald, yang dinukil dari Dailymail, Selasa (11/10/2011).

"Berat badan mereka berpotensi yoyo (naik turun), yang nantinya bisa menyebabkan ketidakpuasaan pada tubuh dalam jangka panjang," sambungnya.

Keinginan tampil lebih langsing di hari pernikahan tak hanya dari diri. Namun, disebabkan banyak pula butik yang meminta calon pengantin menurunkan berat badan agar gaun yang dipesan berukuran lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Selain itu, media dan orang-orang dekat calon pengantin ikut berperan dalam penurunan berat badan.

"Ada tekanan yang cukup besar untuk menurunkan berat badan dari anggota keluarga, majalah pernikahan, bahkan si pembuat gaun," jelasnya.

Menurut penelitian yang dilakukan Ivanka dan timnya, hal itu memang terbukti. Sebanyak 1/3 responden mengaku mereka diminta menurunkan berat badan sebelum pernikahan.

"Mempersiapkan pernikahan itu sudah cukup membuat stres. Apalagi jika ditambah dengan masalah keuangan, itu bisa mendatangkan masalah kesehatan mental pada individu yang memang berisiko," imbuhnya.

Tak hanya soal memerhatikan kesehatan, Ivanka juga mengingatkan ada alasan lain yang membuat pasangan menikahi Anda.

"Ingatlah, pasangan menikahi Anda karena dia mencintai Anda, bukan karena apakah Anda muat dalam gaun pengantin atau tidak," tutupnya.
sumber ; http://lifestyle.okezone.com/read/2011/10/11/195/513766/waspada-diet-sebelum-nikah-bikin-wanita-gemuk

No comments:

Post a Comment