Sunday 6 November 2011

Angin Duduk Atau Angina Pektoris

Selamat pagi siang dst... Pada postingan kali ini Blog ecek - ecekan  akan membahas tentang angin duduk atau angina pektoris (dalam bahasa medisnya). masyarakat mengira kalau angin duduk adalah suatu penyakit yang disebabkan karena udara masuk ke dalam perut sehingga tidak bisa bernafas (itu yang saya tau dari tetangga sebelah rumah). Tapi apa sebenarnya angin duduk atau yang biasanya disebut angine pektoris tersebut... langsung saja ke pembahasanya..

Anging duduk atau angina pektoris merupakan suatu sindrom (sindrome adalah sekumpulan gejala berupa gangguan fisik. & emosi) klinis berupa rasa nyeri yang khas di dada yaitu rasanya seperti ditekan atau terasa berat di dada yang sering kali menjalar ke lengan kiri. Hal ini timbul saat seseorang melakukan aktifitas dan akan berhenti kalau seseorang tersebut berhenti beraktifitas. 
Angin duduk atau angina pektoris biasanya berkaitan dengan penyakit jantung koroner arterossklerotik (kerusakan pada pembuluh darah arteri (pembuluh darah terbesar yang membawa darah bersih)).Tapi dalam beberapa kasus dapat merupakan kelanjutan dari stenosis aorta berat (kalo gak salah adanya gangguan pada katub jantung) ,insufisiensi atau hipertrofi kardiomiopati tanpa atau disertai obstruksi, aortis sifilitika, peningkatan kebutuhan metabolik (seperti hipertiroidisme atau pasca pengobatan tiroid, anemia yang jelas, takikardi paroksimal dengan frekuensi ventrikular cepat, emboli, atau spasme koroner. 
Saat terkena angin duduk perasaan sepeti terikat atau ditekan yang bermula dari tengah dada yang secara bertahap menyebar ke rahang bawah, permukaan dalam tangan kiri, dan permukaan jari manis serta kelingking.
secara garis besar, ciri khas tanda dan gejala terjadinya angina pektoris dapat dilihat dari letaknya (daerah dada yang sakit, kualitas sakit, hubungan timbulnya sakit dengan aktivitas dan lama serangan. 

Kesimpulanya adalah Angina pektoris dapat terjadi karena tidak adannya keseimbangan   antara  suplai   dan  keperluan  aliran darah koroner ke dalam miokard, keadaan ini dapat disebabkan karena penyakit jantung koroner ataupun penyakit jantung yang telah saya sebutkan tadi diatas. dan yang menyebabkan angin duduk ini mematikan adalah karena beban jantung yang meningkat dan terjadilah gagal jantung. untuk penyakit jantung lainya tunggu postingan selanjutnya.... terima kasih kalu ada pertanyaan langsung saja di coment..
sumber ; kapita selekta kedokteran ; jilid 1, 2001.hal 440

4 comments:

  1. muantab... sayang dikit mbulet istilah kedokteranya... sekalian dung solusi pengobatan secara cepat agar si sakit tidak kebablasan...

    ReplyDelete
  2. terima kasih....bukan bulet pak tapi saya sendiri juga bingung gimaa caranya agar bahasa medis itu bisa dimengerti orang non medis... tak proses belajar dulu..

    ReplyDelete
  3. kunjungan pagi, aku ngerti maksudnya tapi emang jlimet bos.

    ReplyDelete
  4. (kunjungan pagi, aku ngerti maksudnya tapi emang jlimet bos).
    terima kasihini juga masih proses belajar/......

    ReplyDelete